Sampah menjadi masalah yang kronis di negeri Indonesia ini, penyebabnya sebenarnya sederhana; terlalu banyak sampah yang dihasilkan, tapi penanggulangannya amat sedikit; sehingga semakin hari semakin banyak bahkan tidak terkendali;
Sekolah sebagai lembaga pendidikan berkewajiban untuk ikut serta memecahkan masalah; SMPN 2 Tambaksari dalam sebuah pagelaran menampilkan baju yang berasal dari sampah; ini sebuah langkah maju, mungkin bukan fungsinya, tapi makna gerakannya, bahwa sampah jika dikelola dengan baik, bisa dimanfaatkan menjadi barang yang lebih bermanfaat;
Entri Populer
-
Asplenium atau Paku Sarang Burung atau Kadaka (sunda) adalah tanaman Pteridophyta (paku-pakuan) yang tumbuh subur di Indonesia. tumbuhan ini...
-
Ikut berpartisipasi dalam kegiatan PGRI di Kecamatan Tambaksari Kab.Ciamis. merupakan kewajiban seluruh anggotanya, apapun bentuk kegiatanny...
-
Stuktur batang monocotyl yang terlihat pada microskop dengan pembesaran 120 x; di photo dengan menggunakan camera khusus untuk microskop; ...
-
Sungguh Indah berkebun: menyenangkan, menggembirakan dan mengasikan. seperti sebuah lagu waktu di TK dahulu. "Lihat Kebunku": liha...
-
jika ditanya, bunga apakah yang agung? jawabannya pasti anggrek. anggrak adalah salah satu jenis tumbuhan yang biasa hidup dialam dengan car...
Kamis, 08 Oktober 2015
Selasa, 21 April 2015
STRUKTUR OTOT JANTUNG
Struktur otot jantung yang terlihat pada microskop; warnanya lurik, bercabang dan memiliki hanya satu inti pada setiap selnya; sifat dari otot jantung adalah: bekerja involunter artinya tidak disadari tetapi tahan terhadap kelelahan. seperti namanya, otot jantung ini hanya terdapat pada jantung.
sebetulnya ada 3 macam otot yang ada pada tubuh manusia, yaitu otot polos yang terdapat pada alat dalam, otot lurik yang terdapat pada rangka tubuh, dan yang ke tiga adalah otot jantung, yang strukturnya terlihat pada gambar diatas.
STUKTUR PENAMPANG MELINTANG BATANG MONOCOTYL
Stuktur batang monocotyl yang terlihat pada microskop dengan pembesaran 120 x; di photo dengan menggunakan camera khusus untuk microskop; tumbuhan yang digunakan adalah batang jagung (Zea mays): yang tampak adalah sel epidermis, parenkhim, dan berkas pembuluh yang terdiri dari xylem dan ploem
setiap sel dalam tumbuhan memiliki struktur dan fungsinya masing-masing, misalnya:
Sel Efidermis: merupakan sel terluar yang terdiri hanya satu lapis dan tersusun rapat, memiliki fungsi sebagai pelindung bagian sel di dalamnya; sel efidemis ini kadang-kadang bermodifikasi menjadi bentuk lain dengan fungsi yang lain pula; misalnya pada akar; sel efidermis bermodifikasi menjadi buluh akar yang berfungsi agar penyerapan air lebih luas;
setiap sel dalam tumbuhan memiliki struktur dan fungsinya masing-masing, misalnya:
Sel Efidermis: merupakan sel terluar yang terdiri hanya satu lapis dan tersusun rapat, memiliki fungsi sebagai pelindung bagian sel di dalamnya; sel efidemis ini kadang-kadang bermodifikasi menjadi bentuk lain dengan fungsi yang lain pula; misalnya pada akar; sel efidermis bermodifikasi menjadi buluh akar yang berfungsi agar penyerapan air lebih luas;
Sel Parenkhim : merupakan sel/jaringan dasar yang menempati ruang paling banyak dari tumbuhan, sehingga fungsi dari sel parenkhim ini sangat banyak, disamping sebagai jaringan dasar, ada juga yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.
Sel Ploem : sel ini sangat tipis dan kecil, sel ini terdapat pada jaringan pembuluh yang berfungsi sebagai pengangkutan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh.
Sel Xilem : sel ini tampak terlihat besar dengan dinding yang kuat, sel ini berfungsi sebagai pengangkut air dan garam mineral. sel ini pun terdapat dalam Jaringan pengangkut.
Rabu, 18 Maret 2015
MIKROSKOP SISWA
tapi apapun mikroskup nya, kalau tidak digunakan, tidak akan bermanfaat banyak bagi perkembangan penelitian dikalangan siswa;
Sabtu, 22 November 2014
Mendidik bukan Mengajar
Menjadi guru yang profesional itu tidak mudah, butuh ilmu dan pengalaman yang memadai; kadang-kadang ilmu saja tidak cukup, tapi perlu pengalaman. barangkali benar adanya ungkapan yang mengatakan bahwa "Pengalaman adalah guru terbaik" artinya ilmu akan terus bertambah ketika kita mau belajar dari pengalaman; the exsperien is the best teacher.
Tugas guru adalah mendidik bukan mengajar, mungkin sepintas ada yang mengangap mengajar dan mendidik adalah identik, padahal sebenarnya memiliki perbedaan yang sangat jauh, meski mengajar adalah bagian integral dari mendidik.
Mengajar secara sederhana dapat diartikan sebagai mentransfer ilmu atau dengan kata lain, ilmu yang dimiliki guru ditranformasikan kepada siswa, sehingga siswa minimal mengetahui, diharapkan kemudian memahami bahkan menejawantahkan ilmu yang diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari; pembelajaran terintegral. mengajar meupakan proses parsial yang hasilnya dapat diketahui hanya dalam beberapa saat.
Mendidik, secara sederhana dapat diartikan dengan merubah siswa menjadi orang yang lebih dewasa. mendidik memperlukan proses yang panjang, sehingga hasilnya baru dapat diketahui setelah beberapa tahun.
Akhir-akhir ini, sejalan dengan kurikulum 2013 guru dituntut untuk mendidik bukan mengajar, artinya guru dituntut untuk merubah karakter siswa, di dalamnya menuat pengetahuan, sikap dan keterampilan. tapi apa daya pada kenyataan guru hanya dapat mengajar saja, karena sistem penilaian yang hanya mengukur siswa berdasarkan angka-angka; siswa diberi standar dalam bentuk kuantitas, bukan kualitas; siswa sudah dianggap seperi benda, yang memiliki satuan yang dapat diukur dengan alat ukur tertentu; ini membuat sesuatu yang ironis;
Tetapi apa pun alasan nya, ketika guru mau berubah dan berusaha, menjadi hal yang positif. hasilnya belum dapat dibuktikan, kita harus menunggu beberapa tahun kedepan. semoga kurikulum 2013 ini, meskipun baru baik dalam wacana, juga pada akhirnya baik dalam hasil dan dapat mengasilkan generasi emas yang telah dicita-citakan oleh para pemimpin bangsa ini. semoga
Langganan:
Postingan (Atom)