Entri Populer

Rabu, 24 April 2024

 APLIKASI UJIAN SEKOLAH


Tak terasa sudah di ujung tahun pelajaran 2023/2024. setiap sekolah akan mengakhiri masa pembelajaran siswa selama tiga tahun dengan menyelenggarakan Ujian Sekolah. di tahun ini, ujian sekolah penyelenggaraannya sepenuhnya diserahkan kepada sekolah, baik waktunya maupun caranya; tidak ada lagi petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan, semuanya diserahkan kepada kebijakan sekolah. 

seiring dengan waktu ujian mengalami perkembangan yang luar biasa, pada asalanya masih menggunakan keretas dan pensil, dan diperiksa secara manual, kemudian berubah menggunakan LJK yang diperiksa dengan cara dipindai, kemudian berkembang lagi dengan total tidak menggunakan keretas, tetapi menggunakan komputer baik secara daring atau pun luring. ketika massa ujian Nasional, kegiatan Ujian dilakukan secara semidaring, atau bahkan kemudian daring total, tetapi setelah ujian nasional dihapus banyak sekolah yang ujian nya kembali lagi ke keretas dan pensil dan juga diperiksa secara manual oleh guru. kegiatan ujian seperti ini dilakukan sangat kurang baik dilakukan, karena sekolah sebagai agen perubahan perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi.

sehingga dengan latar belakang itulah, saya mencoba membuat Ujian dengan berbasis teknologi yang dengan dengan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK). ada kendala yang dihadapi, yaitu mencari aplikasi untuk USBK. bnayak aplikasi yang ditawarkan tapi semuanya berbayar. ada beberapa alikasi yang gratis yang bisa dipakai untuk USBK salah satu diantaranya adalah Candy CBT versi 2.4.4. aplikasi ini yang saya gunakan untuk USBK tahun 2024







Tidak ada komentar:

Posting Komentar